BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Sabtu , 25 Februari 2017

Megawati: Kalau Jadi Islam, Jangan Jadi Orang Arab

AntiLiberalNews – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, dalam pidato kebangsaannya di acara peringatan hari ulang tahun (HUT) PDIP ke-44 banyak menyinggung soal Pancasila dan posisi krusial dasar negara serta implementasinya.

Megawati juga mengingatkan relevansi Pancasila. Dia menyebutkan bahwa ada tiga hal yang sebenarnya menjadi poin Pancasila yaitu, “sosio nasionalisme”, “sosio demokrasi” dan “ketuhanan”.

“Ketuhanan bukan jadi ketiga karena derajat kepentingan lebih bawah, namun sebagai pondasi kebangsaan,” klaim Megawati di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (10/1) sebagaimana dikutip VIVA News.

Megawati menganggap bahwa “ketuhanan” sebagaimana yang ada dalam Pancasila adalah “ketuhanan” yang berkebudayaan nusantara, yang kaya dengan adat dan budaya bangsa.

“Bung Karno menegaskan, kalau jadi Hindu jangan jadi orang India. Kalau jadi Islam jangan jadi orang Arab. Kalau jadi Kristen jangan jadi orang Yahudi. Tetaplah jadi orang Indonesia dengan adat budaya Nusantara yang kaya raya ini,” kata Megawati.

Dalam ucapan tersebut, Megawati mengkaitkan Hindu dengan India dan Islam dengan Arab yang berarti mengidentikkan agama dengan negara tertentu. Terlepas dari benar-tidaknya klaim yang dia lontarkan itu, yang janggal adalah saat dia malah mengkaitkan Kristen dengan Yahudi yang berarti mengidentikkan agama dengan sesama agama.

Red : Wijati