BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Sabtu , 21 Januari 2017

Mendag Sarankan Warga Beli Cabai di Situs Online Karena Lebih Murah

AntiLiberalNews – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyarankan kepada masyarakat untuk membeli cabai di situs belanja online. Sebab, menurutnya harga di sana lebih murah dibandingkan di pasar tradisional.

“Buka online, beli dari online saja. Karena beli di online itu jauh lebih murah dan di bawah Rp 70.000 bahkan di bawah Rp 60.000. Jadi di bawah rumor,” kata Mendag Enggar di Kantornya, Jakarta, Senin (9/1) sebagaimana dikutip Merdeka.

Menurutnya, saat ini operasi pasar untuk menekan harga cabai masih belum diperlukan. Sebab, di beberapa daerah harga cabai sudah mulai turun.

Dirinya juga menepis adanya indikasi mafia di balik melambungnya harga cabai yang mencapai Rp 200.000 di wilayah Kalimantan.

“Tidak ada. Yang terindikasi adalah pemberitaan yang begitu marak, sampai Rp 250.000. Padahal tidak ada,” paparnya.

Menurutnya, harga cabai merah besar saat ini rata-rata dijual di harga Rp 38.000, cabai merah keriting sekitar Rp 40.000-Rp 39.000, cabai rawit hijau di bawah Rp 50.000.

“Yang soal adalah cabai rawit merah. Jadi dari 4 jenis cabai, secara garis besar hanya satu yang memang mengalami kenaikan tetapi di beberapa daerah sudah mulai kembali turun,” kata Menteri Enggar.

Dirinya mengatakan bahwa mahalnya harga cabai di beberapa daerah disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi. Ini salah satu yang mengakibatkan distribusi terhambat.

“Pada waktu hujan kemudian dipetik, dan kita paksakan petik maka proses pembusukan semakin cepat. Kemudian belum lagi dia dengan transportasi dari tempat sampai ke kota, ke pasar. Keterlambatan akibat transportasi maupun hujan berkepanjangan seperti itu,” jelasnya.

Dirinya juga mengaku sudah bersinergi dengan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktifitas cabai.

“Dan terbukti itu cabai merah keriting, cabai rawit hijau, semua produksinya surplus. Di daerah-daerah yang surplus, kami kirimkan ke daerah-daerah yang kekurangan,” ujarnya.

Red : Wijati

Check Also

Nganu Memang Anu

Oleh : Balya Nur AntiLiberalNews – Orang Prancis tidak praktis. Demen repot. Untuk mengeritik pejabat ...

Menguatkan Pembiaran Pemerintah Melanggar Hukum

Oleh : Jaya Suprana* AntiLiberalNews –¬†Saya memiliki empat sahabat merangkap mahaguru saya yaitu mantan Menko ...