BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Selasa , 27 Juni 2017

Walau Diblokade, Qatar Tetap Berikan Pasokan Gas ke UEA

AntiLiberalNews – CEO Qatar Petroleum mengatakan memutus pipa gas akan menyebabkan “kerugian besar bagi UEA dan rakyat UEA, yang dianggap seperti saudara.”

Qatar tidak akan memutus pasokan gas ke Uni Emirat Arab meski ada perselisihan diplomatik, chief executive Qatar Petroleum mengatakan kepada jaringan Al Jazeera pada hari Ahad, dua minggu setelah beberapa negara di Teluk Arab memutuskan hubungan dengan Doha.

CEO Saad al Kaabi, dikutip TRTWorld mengatakan bahwa meskipun ada klausa “force majeure” (keadaan tak terduga) dalam kesepakatan mengenai pipa gas Dolphin, yang menghubungkan Lapangan Utara raksasa Qatar dengan UEA, Qatar tidak akan menghentikan pasokan karena alasan lain.

“Pengepungan yang kami hadapi saat ini adalah force majeure dan kami bisa menutup pipa gas ke UAE,” katanya.

“Tapi jika kita mengurangi gas, sangat merugikan UEA dan orang-orang UEA, yang kami anggap seperti saudara kami… kami memutuskan untuk tidak memutus (suplai) gas sekarang,” katanya kepada saluran berita yang berbasis di Doha lansir MEU.

Pipa gas Dolphin menghubungkan Qatar dengan UEA dan Oman dan memompa sekitar 2 miliar kubik gas per hari ke UAE.

Kepala Eksekutif Sharjah National Oil Corp mengatakan pada hari Ahad sebelumnya bahwa dia tidak mengharap aliran gas alam dari Qatar ke Uni Emirat Arab akan terganggu oleh perselisihan diplomatik di wilayah tersebut.

Red : Maulana Mustofa