BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Jumat , 15 Desember 2017

Beredar Foto-foto Palsu soal Rohingya, Begini Cara Memastikannya

AntiLiberalNews | Kiblat – Tragedi genosida yang menimpa etnis Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar menorehkan luka yang mendalam, terutama bagi umat Islam di seluruh dunia.

Foto-foto korban Rohingya akibat tindakan brutal militer rezim Budha radikal Myanmar begitu banyak beredar. Mulai dari nestapa pengungsi, hingga korban tewas yang tergambar mengenaskan. hal itu membuat siapa yang melihatnya terenyuh dan iba akan nasib mereka.

Kendati demikian, seorang Muslim semestinya dapat memilih informasi yang didapat. Karena jika tidak, dikhawatirkan bisa memicu kerugian. Selain ikut menyebarkan kabar dusta, juga menjadi amunisi bagi musuh-musuh Islam untuk mencela.

Dalam hal ini, Kiblat mencoba untuk menelisik foto-foto palsu terkait tragedi Rohingya yang banyak muncul di media sosial. Berikut foto-fotonya:

1. Foto di bawah ini adalah foto demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Myanmar terhadap pemerintah karena sulitnya biaya hidup,terutama kenaikan harga BBM di negara tersebut pada tahun 2007. Sumber: http://campaigns.ahrchk.net/burmaprotests/


2. Foto ini juga sebenarnya adalah bagian dari penangkapan terhadap orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan di Thailand Selatan pada 27 Oktober 2004.


3. Foto ini bukanlah foto mayat seorang perempuan dari etnis Rohingya yang dibunuh kemudian bayinya yang masih hidup berusaha menyusu tanpa tahu bahwa ibunya telah meninggal. Namun, foto ini merupakan salah satu adegan dalam film “Sirish Ko Phool” pada tahun 2012 yang digarap oleh perusahaan film di Nepal dan disutradarai oleh orang Jepang. Sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Shiris_Ko_Phool


4. Foto ini bukanlah pembantaian terhadap Muslim Rohingnya. Akan tetapi foto ini adalah korban ledakan tangki bahan bahan di Kongo pada tahun 2010.


5. Foto ini bukanlah tragedi pembantaian. Namun, foto di bawah ini adalah foto situasi ketika umat Budha di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina. Sumber: http://www.gettyimages.co.uk/event/magnitude-earthquake-strikes-remote-area-of-china-98160332#tibetan-monks-prepare-a-mass-cremation-for-the-victims-of-a-strong-picture-id98508892


6. Foto ini bukanlah anak-anak Rohingya yang tangannya dilindas dengan sepeda motor. Tetapi foto ini sebenarnya menggambarkan seorang guru bela diri di India yang ingin menguji ketahanan para siswanya dengan cara melindas tangan mereka dengan motor. Aksi tersebut kemudian banyak dikritik oleh para pakar pendidikan di India dan negara lain. Sumber: http://news.bbc.co.uk/1/hi/world/south_asia/8173742.stm


Belajar dari foto-foto tersebut seharusnya membuat seorang Muslim bisa lebih berhati-hati lagi dalam menyebar berita. Hendaknya sebuah foto dipastikan diambil dari sumber berita yang benar.

Jika kita ingin mengecek ke-valid-an sebuah gambar atau berita bergambar, dapat menggunakan fasilitas Google Image. Caranya ketik alamat https://images.google.com lalu klik gambar foto.

Kemudian, klik telusuri gambar dengan foto atau dengan URL foto tersebut. Nantinya, Google akan menampilkan serangkaian info terkait gambar tersebut. Selamat mencoba!

Sumber : Kiblat

Red : Wijati