BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Senin , 20 November 2017

Republik Afrika Tengah Kembali Panas, 7 Muslim Sipil Gugur

AntiLiberalNews – Sedikitnya tujuh warga sipil Muslim gugur dan sejumlah lainnya terluka akibat bentrokan dengan ekstremis Kristen di Bangui, ibu kota Republik Afrika Tengah. Serangan terhadap minoritas Muslim di negara tersebut tengah meningkat selama beberapa bulan terakhir.

Seperti dilansir Kiblat dari Al-Jazeera pada Senin (13/11), kondisi ibukota memanas sejak Sabtu malam lalu ketika sebuah granat meledak di sebuah acara konser musik di kawasan Lingkaran Ketiga. Beberapa saat kemudian, ekstremis Kristen menyerang kampung Muslim sehingga terjadi bentrokan. Bentrok itu itu berlanjut hingga Ahad pagi.

Salah seorang anggota Silika (kelompok bersenjata Muslim) mengatakan bahwa sebagian jasad warga Muslim sudah diambil oleh keluarga dari rumah sakit. Sementara jasad lainnya dievakuasi sendiri dari jalan dan kemudian diletakkan di Masjid. Tercatat sedikitnya 10 warga Muslim hilang selama bentrokan itu dan belum diketahui nasibnya.

Konflik antara ekstremis Kristen dan warga sipil Muslim di Afrika Tengah pertama kali meletus pada 2013. Beberapa bulan setelah konflik meletus, Perancis mengirim pasukan ke Negara tersebut yang disusul PBB. Mereka mengklaim akan mengembalikan stabilitas dan keamanan di Negara itu. Namun, kekerasan terhadap warga Muslim masih terus terjadi bahkan gelombang pengungsian masih terus mengalir hingga kini.

Red : Wijati